5 Presiden Amerika Serikat Paling Miskin

|1 komentar

Ternyata tidak selamanya jadi presiden itu bisa kaya buktinya 5 presiden Amerika Serikat ini hidup dalam kemiskinan.
Setiap orang mengira jika menjadi Presideng di Negara Kaya dan adidaya seperti Amerika serikat pasti hidupnya akan kaya dan bergelimpangan harta namun faktanya tidak ternyata ada beberapa presiden Ameriak Serikat yang hidup miskin merkea memang memiliki kekuasan di Amerika namun mereka tidak memiliki harta. Ingin tahu presiden Amerika Serikat yang miskin simak 5 Presiden Amerika Serikat Paling Miskin berikut ini.
1. Harry S. Truman
presiden miskin
Presiden AS ke-33 ini menghabiskan masa hidupnya dalam krisis keuangan pribadi. Ia punya penampilan yang sederhana, tapi di balik itu semua ia sempat mengalami investasi yang ujung-ujungnya ‘buntung’, selain itu toko pakaian dan perusahaan tambang miliknya malah punya utang segunung.
Tapi hebatnya, ia belum pernah sama sekali dinyatakan bangkrut. Setelah lengser dari jabatan presiden AS, ia bersama istrinya, Bess, pindah ke rumah mertuanya di Independence, Montana.
Truman merupakan salah satu presiden AS pertama yang menerima uang pensiun, sebanyak US$ 25.000 (Rp 237,5 juta) per tahun, dana yang bisa membuatnya bertahan hidup. Ia bersama istrinya juga merupakan salah satu presiden AS pertama yang dapat bantuan kesehatan untuk orang miskin.
2. Ulysses S. Grant
Ulysses S. Grant
Presiden AS ke-18, Ulysses S. Grant, meninggal dalam keadaan bangkrut. Ia kehilangan dana dalam jumlah besar, sebanyak US$ 100.000 (Rp 950 juta) gara-gara ditipu oleh rekan bisnis anaknya, Ferdinand Ward.
Pada masanya, dana sebesar itu cukup membuat Grant jatuh dalam kebangkrutan. Hal lain yang membuatnya bangkrut adalah gaya hidup Grant yang sering berfoya-foya. Ia dan istrinya selalu hidup dalam kemewahan, seperti berlibur ke tempat yang eksotis dan makan di restoran mahal, meski sebenarnya mereka tidak mampu untuk menutupi gaya hidup seperti itu.
Baru setelah ia meninggal, keluarga Grant mendapatkan situasi keuangan yang cukup aman. Keluarganya mendapat uang dalam jumlah yang cukup setelah menjual berbagai peninggalan Grant saat perang saudara senilai US$ 500.000 (Rp 4,75 miliar).
3. William Henry Harrison
presiden amerika miskin
Nasib buruk tak pernah pergi jauh dari kehidupan William Henry Harrison, itulah mengapa ia selalu mengalami kesulitan keuangan. Presiden AS ke-9 ini mulai merasakan pahitnya kehidupan saat cuaca ekstrim menghancurkan seluruh tanaman di lahan pertaniannya, saat itu ia masih menjabat sebagai duta besar AS di Kolombia.
Meski ladangnya tidak menghasilkan komoditas apapun, para kreditur yang sudah meminjamkan uang tetap menagih utang kepada Harrison. Ia pun sangat kesulitan membayar utang-utangnya bahkan sampai ia bukan lagi presiden AS.
Setelah meninggal, Harrison juga tidak punya apa-apa yang bisa diwariskan kepada keluarganya. Sampai-sampai anggota pemerintahan memberikan sumbangan uang tunai senilai US$ 25.000 (Rp 237,5 juta) untuk janda Harrison.
4. Thomas Jefferson
THOMAS JEFFERSON
Salah satu presiden AS yang cukup dikenal oleh masyarakat dunia, tapi yang pasti Thomas Jefferson bukan terkenal karena kondisi keuangannya. Ia memang terlahir di keluarga kaya dan bisa jadi menjadi salah satu orang terkaya ketika diangkat menjadi presiden AS.
Saat beranjak dewasa, ia mewarisi lahan pertanian seluas 5.000 hektar di Virginia yang diberi nama Monticello. Ia punya sekitar 200 budak belian yang bekerja di lahan tersebut. Kala itu, kekayaan Presiden AS ke-3 ini diperkirakan mencapai US$ 212 juta (Rp 2 triliun).
Sayangnya, si perancang naskah proklamasi AS alias the Declaration of Independence sekaligus pendiri Universitas Virginia ini tenggelam dalam utang dengan nilai yang cukup dahsyat di akhir masa jabatannya sebagai presiden AS.
Bahkan, ia pun gagal keluar dari jurang utang ini sampai akhir hayatnya. Jefferson sama sekali tidak memberikan warisan kepada putri satu-satunya yang ia tinggalkan. Sehingga, anak semata wayangnya itu harus hidup dari sumbangan warga sekitar.
5. James A. Garfield
James A. Garfield
Presiden AS ke-20 ini dilahirkan di keluarga yang sedang mengalami kelaparan. Ia beranjak dewasa di sebuah rumah kayu mungil bersama empat saudara kandungnya.
Untuk bisa bertahan hidup ia pun bekerja serabutan, mulai dari pemotong kayu hingga tukang bersih-bersih rumah. Uangnya sebagian ia simpan untuk dipakai kuliah.
Setelah lulus, Garfield justru banyak melakukan pekerjaan yang membantu pelayanan umum dan kepentingan negara, sehingga tidak banyak uang bisa dihasilkan di wilayah itu.
Ia meninggal secara tragis akibat dibunuh pada 1881. Ia diketahui tak punya harta sepeser pun pada akhir hayatnya itu.
Nah itulah beberapa presiden Amerika Serikat Termiskin dalam sejarah presiden Amerika.  bagaimana dengan presiden-presiden dunia lainnya????

10 Kisah cinta yang tercatat dalam sejarah

|0 komentar

Cerita-cerita ini dipaparkan secara turun-temurun dan dikenal orang karena menyentuh hati, bahkan tidak jarang ada yang kembali menceritakannya lewat film. Semoga cerita-cerita berikut ini menjadi inspirasi bagi kita untuk tetap mencintai.

1. Annie Oakley dan Frank Butler


Apabila kalian tahu film musikal Irlandia tahun 1940an yang berjudul “Annie Get Your Gun”, merupakan inspirasi dari kisah nyata Annie Oakley dan Frank Butler. Annie Oakley adalah seorang penembak. Pada tahun 1881, Baughman dan Butler mengadakan pertunjukan menembak di Cincinnati. Frank E Butler menantang para penembak lokal untuk beradu tembak. Namun Frank terkejut ketika tantangannya diterima oleh seorang yang bernama Annie Oakley. Dalam pertarungan mereka, Butler kalah dan Annie memenangkan perlombaan menembak tersebut. Selain itu, Butler juga menjadi jatuh hati pada Annie dan akhirnya mereka menikah apda tanggal 20 Juni 1882. Frank kemudian pensiun dari menembak dan lebih fokus membangun rumah tangga bersama Annie. Annie akhirnya meninggal tahun 1926 dan Frank meninggal 18 hari kemudian.

2. Salim dan Anarkali


Pangeran Salim merupakan anak dari seorang kaisar Akbar (kaisar dari The Great Mughal) dan istrinya Mariam-uz-Zamani. Pangeran Salim dikenal sangat amburadul dan tidak sopan yang jatuh cinta pada seorang pelayan istana bernama Anarkali. Mereka berdua saling jatuh cinta, namun hal tersebut tidak direstui oleh ayahnya yang menganggap Anarkali sebagai wanita penggoda. Ayahnya kemudian mencari segala jalan untuk memisahkan anaknya dari Anarkali. Sang ayah kemudian mengirim pangeran Salim untuk sebuah tugas, dan ketika itu juga Anarkali dikuburkan hidup-hidup di tembok batu. Cerita ini membuat setiap pasangan menitikkan air mata ketika mendengarkannya.

3. Antony dan Cleopatra


Ini kisah cinta antar bangsa, antara Mark Anthoni yang tampan dari Romawi dan Pharaoh terakhir dari Mesir, yaitu Cleopatra. Kisah ini berlangsung sekitar tahun 31 SM. Kisah ini kemudian diceritakan lagi oleh penulis terkenal Shakespeare yang membuat cerita ini terkenal di seluruh dunia. Mark Anthony diceritakan meninggalkan istrinya, Octavia, karena tergoda oleh kecantikan Cleopatra yang akhirnya dinikahinya. Saudara laki-laki Octavia, yaitu Octavian, kemudian menghancurkan mereka berdua dengan meminjam pasukan Romawi. Diceritakan saat perang dengan Romawi, Mark Anthony mendapat kabar (yang ternyata kabar palsu) kalau Cleopatra terbunuh. Mark Anthony kemudian bunuh diri karena percaya akan berita itu. Cleopatra yang mendengar bahwa kekasihnya itu mati, akhirnya juga bunuh diri dengan racun. Cerita ini hampir mirip dengan kisah Romeo dan Juliet dari Verona, Italy.

4. Juan dan Evita Peron


Juan dan Evita Peron adalah pasangan Argentina sekitar tahun 1940an. Evita sendiri merupakan istri kedua Juan yang adalah presiden Argentina. Evita menjadi ibu negara dari tahun 1946 sampai ia meninggal tahun 1952. Latar belakang Evita sendiri adalah seorang artis. Dan Juan Dominggo jatuh cinta pada Evita muda dan menikahinya. Peran politik keduanya sangat berpengaruh sehingga dapat mengubah wajah Argentina, bahkan mereka dijuluki pasangan politik terbaik di era itu. Evita sendiri akhirnya meninggal akibat kanker. Mungkin kita sempat mendengar lagu yang terkenal berjudul “Dont cry for me Argentina” yang dibawakan oleh Madonna. Saat itu Madonna memerankan Evita di video klipnya.

5. Tristan dan Isolde


Isolde adalah anak perempuan dari Raja Irlandia. Ia kemudian bertunangan dengan raja Mark dari Cornwall, namun sebenarnya ia jatuh cinta dengan Tristan yang merupakan kemenakan dari raja Mark. Perselingkuhan mereka bahkan berlanjut saat Isolde menikah dengan raja Mark. Akhirnya perselingkuhan ini diketahui oleh raja Mark, namun karena saking cintanya sang raja pada istrinya, ia memaafkan istrinya. Akan tetapi sang raja mengusir kemenakannya itu dari Cornwall. Tristan akhirnya pergi ke Britanny dan tertarik dengan Iseult karena namanya mirip dengan Isolde. Mereka menikah, namun Tristan tidak dapat melupakan Isolde.

6. Prince Edward dan Wallis Simpson


Demi cintanya pada Wallis Simpson, Pangeran Edward rela mengorbankan kekayaan dan kekuasaannya. Pangeran Inggris ini jatuh cinta pada Wallis Simpson yang berkebangsaan Amerika dan sudah bersuami. Wallis Simpson akhirnya menceraikan suaminya dan memulai hidup barunya dengan Pangeran Edward. Wallis tentu saja tidak dapat menjadi ratu Inggris karena berkebangsaan Amerika. Pangeran Edward sendiri naik tahta pada tahun 1936, namun segera turun tahta agar dapat menikahi kekasihnya itu. Pangeran Edward akhirnya meninggal pada tanggal 28 may 1972. Wallis kemudian menyendiri dan akhirnya meninggal 14 tahun kemudian pada tanggal 24 April 1986.

7. Pyramus dan Thisbe


Ini adalah kisah cinta yang populer dari Babilonia. Kisah cinta ini dimulai pada tahun 331 SM. Pyramus adalah pria tampan yang merupakan teman kecil dari Thisbe. Mereka hidup di lingkungan yang sama dan cinta tumbuh di antara mereka. Namun ini ditentang oleh orang tua mereka. Mereka kemudian memutuskan untuk kabur dan bertemu di dekat sebuah pohon. Thisbe yang datang terlebih dahulu melihat seekor singa yang mulutnya berlumuran darah. Thisbe ketakutan dan lari. Ketika berlari ia menjatuhkan kerudungnya sehingga diambil oleh singa itu. Ketika itu Pyramus tiba dan melihat kerudung Thisbe di mulut singa itu (yang berlumuran darah). Dalam kesedihan yang mendalam, Pyramus kemudian bunuh diri dengan pedang di tangannya. Thisbe yang tidak dapat hidup tanpa Pyramus, kemudian bunuh diri dengan pedang yang sama.

8. Marie dan Pierre Curie
http://hermawayne.blogspot.com

Kecintaan mereka akan ilmu pengetahuan dan kerja keras membuat mereka dipersatukan dalam ikatan cinta. Pada tahun 1981, Maria Sklodowska Curie atau sering dipanggil Marie, berkunjung ke Paris. Kunjungannya ini tidak hanya membawa ia pada ilmu pengetahuan, tetapi juga pada pasangan hidupnya. Di sinilah ia bertemu dengan Pierre yang merupakan direktur laboratorium tempat Marie bekerja. Tahun 1895 mereka menikah dan membina rumah tangga. Tahun 1898, mereka menemukan polonium dan radium. Temuan ini membawa kedua orang ini dan Henri Becquerel memenangkan Nobel di bidang fisika pada tahun 1903. Ketika Pierre meninggal dunia pada tahun 1904, Marie terus melanjutkan penelitian, dan hebatnya ia berhasil kembali memenangkan Nobel pada tahun 1911. Kali ini Nobelnya di bidang kimia. Ini membuat Marie merupakan satu-satunya manusia yang meraih 2 Nobel saat itu. Akhirnya Marie meninggal dunia tahun 1934 akibat leukemia.

9. Abigail dan John Adams


Percintaan Abigail dan John Adams adalah kisah cinta 2 orang yang terpisahkan karena perang. John Adams merupakan presiden kedua dari Amerika, dan Abigail adalah istrinya. Hubungan mereka melalui surat-menyurat karena saat itu Amerika dihadapkan pada perang revolusi dan beberapa kejadian yang memaksa sang presiden untuk hidup berpisah dari sang istri. Salah satu petikan surat Abigail pada sang suami adalah “The great anxiety I feel for my country, for you, and for our family, renders the day tedious, and the night unpleasant.”

10. Eloise dan Abelard


Ini adalah cerita cinta antara seorang guru dan muridnya. Pasangan ini hidup di Prancis sekitar abad ke-12. Peter Abelard adalah seorang profesor dan ahli teologi yang jatuh cinta pada muridnya sendiri, yaitu Eloise. Peter menumpang di rumah pamannya Eloise yang juga mengasuh Eloise. Paman Eloise ini sangat mengagumi peter. Namun percintaan ini membuat paman Eloise, Canon Fulbert marah. Mereka kemudian melarikan diri karena Eloise ternyata telah mengandung anak Peter. Namun apa daya, akhirnya keadaan juga yang memisahkan mereka, karena Peter Abelard harus hidup sebagai pendeta. Namun dengan hidup terpisah, tidak membuat cinta mereka luntur. Mereka terus menulis surat, puisi, cerita tentang cinta mereka sampai pada akhirnya mereka meninggal dan dikubur bersama di Paris. Banyak yang percaya surat-surat cinta mereka masih menjadi inspirasi bagi sebagian penulis kisah cinta.